wellcome to my blog

Minggu, 27 Desember 2015

CSR PT. HOLCIM INDONESIA


CORPORATE Social Responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan merupakan tanggung jawab terhadap kegiatan perusahaan secara internal dan eksternal sesuai dengan Pasal 74 Undang Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas bahwa perseroan yang menjalankan kegiatan usahanya di bidang dan/atau berkaitan

dengan sumber daya alam wajib melaksanakan tanggung jawab sosial dan lingkungan, maka perusahaan pertambangan juga wajib melaksanakan tanggung jawab sosial dan lingkungan karena bergerak di bidang sumber daya alam.

Hal ini lah juga yang mendasari PT Holcim Indonesia Tbk, sebuah perusahaan publik Indonesia dimana mayoritas sahamnya (80,65%) dimiliki dan dikelola oleh Holcim Group, yang berbasis di Swiss, produsen semen terbesar di dunia dengan total lebih dari 85,000 karyawan dan kapasitas produksi di lebih dari 70 negara mencapai lebih dari 170 juta ton semen ini terus berpacu meningkatkan perannya di masyarakat sekitar dalam bentuk program CSR.

Apa upaya yang dilakukan PT Holcim Indonesia Tbk, dalam pelaksanaan Program CSR di masyarakat sekitar?
Program CSR merupakan hal yang penting bagi Holcim, karena Masyarakat merupakan pemangku kepentingan yang harus merasakan manfaat dari keberadaan Holcim. Pelaksanaan kegiatan CSR juga sejalan dengan nilai-nilai perusahaan. Pelaksanaan (kegiatan) CSR yang sedang atau telah berlangsung, antara lain: Membangun infrastruktur desa.Bahkan, sejak tahun 2002 hingga saat ini, total 3,7 km jalan desa telah dibangun, 149 mesjid telah memperoleh bantuan. Selain itu Holcim juga melakukan proyek renovasi dan pembangunan fasilitas umum.

Pemberian beasiswa pada siswa berprestasi yang tinggal disekitar lokasi unit bisnis Holcim. 1,500 siswa telah menerima beasiswa pada tahun 2013. Holcim juga mempekerjakan warga sekitar termasuk menerima lulusan sekolah menengah untuk diikut sertakandalam program pendidikan dan pelatihan kerja berbasis industry atau Enterprise – based Vocation Educational (EVE).

Termasuk Holcim juga mengembangkan kemampuan usaha masyarakat sekitar dengan mendirikan Posdaya yang menjadi wadah pembinaan masyarakat sekitar. Saat ini ada 20 Posdaya yang diresmikan di Narogong, termasuk 48 Posdaya binaan lain yang terdapat di Cilacap.

Tak pelak dengan komitmen yang tinggi di bidang CSR, maka pada awal tahun ini, PT Holcim Indonesia Tbk, mendapat kehormatan dengan menerima dua penghargaan Platinum pada ajang Global CSR Summit 2014 untuk program Posdaya yang didukung oleh Pabrik di Cilacap, dan program Peternakan Terpadu di Tuban.

Tidak hanya itu, baru-baru ini juga Holcim Pabrik Tuban kembali mendapatkan penghargaan Small & Medium Enterprises Award kategori Swasta Terbaik dari Universitas Sebelas Maret Solo, untuk program pengolahan produk hasil laut yang dihasilkan oleh masyarakat sekitar pabrik,  program pengembangan wirausaha muda dan program penetasan telur bebek.

Khusus Maloko, Holcim mengadakan pelatihan bahasa inggris bagi anak-anak atau warga sekitar.
 program CSR PT.Holcim Indonesia ini dijalankan Pastinya, sejak awal perusahaan ini beroperasi dan menjalankan bisnisnya di Indonesia maka saat itu pula kami mulai merancang kegiatan CSR perusahaan. Program CSR dijalankan sejak awal perusahaan berdiri, karena hal tersebut merupakan bagian dari visi dan nilai-nilai kami.

program prioritas CSR yang dilakukan  PT Holcim Semua program merupakan prioritas, tapi Holcim selalu menekankan program-program yang mampu memiliki efek meningkatkan kemandirian masyarakat, bukan hanya dalam bentuk sumbangan semata. Oleh karena itu, kami melaksanakan program kemitraan / binaan seperti Posdaya di Narogong dan Cilacap atau Integrated Farming Program di Tuban.

Program Kemitraan dan Bina Lingkungan
Holcim memiliki beberapa program Kemitraan antara lain DBN (Toko Panginyongan) yang dibentuk sebagai pusat pengembangan kewirausahaan masyarakat Cilacap. Toko Panginyongan (salah satu ECDC) adalah bagian dari dasar Penguatan Masyarakat Cilacap yang  bertujuan membantu menemukan kompetensi dasar dari masyarakat sekitar (Cilacap) sehingga menaikkan IPM menuju masyarakat mandiri dan sejahtera. Perusahaan juga mempunyai program Posdaya bagi masyarakat sekitar unit bisnisnya di Narogong, yang disebut Green Posdaya.

manfaat yang dirasakan perusahaan setelah menjalankan CSR, khususnya di wilayah pertambangan  Masyarakat merupakan salah satu pemangku kepentingan yang penting bagi Holcim. Melalui program CSR yang tepat, masyarakat akan mampu meningkatkan kondisi ekonomi dan kesejahteraannya. Manfaat yang dirasakan perusahaana dalah melalui penerapan program CSR yang baik berarti Holcim telah menjalankan nilai-nilai yang dianut perusahaan. Kegiatan bisnis pun bias berlangsung berdampingan dengan masyarakat sekitar.

berapa anggaran yang di alokasikan PT Holcim untuk kegiatan CSR. Pada tahun 2013, anggaran CSR Holcim naik sebesar 83% atau mencapai Rp 28 Miliar. Dana tersebut diperuntukan untuk menopang berbagai kegiatan. Mulai dari program pendidikan, pembangunan jalan, sekolah, prasarana penting, dan pelatihan bagi ahli bangunan dan lainnya.

Apa arti penting CSR bagi PT Holcim CSR merupakan kegiatan yang penting bagi kami. Holcim berusaha selalu merancang atau menyelenggarakan kegiatan CSR yang dapat menjadi solusi bagi permasalahan masyarakat sekitar. Kami mengkaji apa yang dibutuhkan warga, mengajak warga untuk mau berpartisipasi dan menjalin kemitraan dengan para pemangku kepentingan di daerah sekitar untuk meningkatkan kegiatan pendidikan, budaya dan kemasyarakatan. Untuk keperluan ini kami selalu menerapkan standar yang tertuang dalamPakta Global PBB dan mengikuti ketentuan dalam Deklarasi Umum Hak Asasi Manusia. Perusahaan mendukung dan mendorong karyawan untuk ikut dalam kerja sukarela dan kegiatan bersama warga setempat. Untuk mendekatkan perusahaan dengan masyarakat dan sebaliknya.

Sebelum mulai menjalin kerjasama dengan warga,  harus dipastikan dulu bahwa  kami paham apa kebutuhan mereka dan kebutuhan itu dapat kami penuhi. Community Advisory Panels (CAP) dibentuk di tiga wilayah kerja utama Holcim, yakni Narogong, Cilacap dan Tuban, juga di wilayah tambang Maloko yang juga memiliki DepartemenCommunity Relations.

Sebagai contoh penerapan kegiatan CSR yang sesuai dengan kebutuhan warga adalah saat Holcim mendirikan pabrik di Tuban, banyak masyarakat sekitar yang berprofesi sebagai petani ingin memulai usaha baru yang mampu meningkatkan kesejahteraan mereka. Oleh karena itu Holcim kemudian merancang program peternakan sapi di Tuban. Saat ini masyarakat sekitar lokasi bisnis Holcim di Tuban telah merasakan manfaatnya dengan berhasil melakukan panen sapi sebanyak 300 ekor sapi.

Jumlah perusahaan milik PT Holcim yang ada di daerah sekarang ini untuk wilayah produksi Holcim, bisa dikatakan sudah tersebar di beberapa daerah. Misal, untuk  plant / pabrik, Holcim juga memiliki pabrik di Narogong (Jawa Barat), Cilacap (Jawa Tengah), dan Tuban (JawaTimur). Termasuk sejumlah Silo juga tersebar di beberapa kota besar di Indonesia, antara lain Bandung, Pontianak, Dumai, dan lain sebagainya. Jaringan perusahaan mencakup sekitar 8.000 peritel atau toko bahan bangunan dan 437 gerai Solusi Rumah. Holcim juga memiliki beberapa tambang agregat antara lain di Maloko dan Ciwandan.

Hasil produksi PT Holcim per tahun Produksi Holcim saat ini mencapai 10,8 Juta ton dimana 9,1 juta ton berasal dari produksi semen di Cilacap dan Narogong sementara 1,7 Juta ton berasal dari pabrik 1 Tuban yang saat ini telah mulai memproduksi semen perdananya. Pabrik Tuban 2 yang rencananya akan resmi beroperasi pada tahun 2015 akan memiliki total produksi yang sama dengan Tuban 1 yaitu 1,7 juta ton sehingga secara keseluruhan total produksi semen Holcim pada tahun 2015 ditargetkan mencapai 12,5 Juta ton.

Soal reklamasi apa yang telah dilakukan PT Holcim?
Kami juga sudah melakukannya. Terbukti metode penambangan Holcim adalah dengan pembukaan lahan yang bertahap dan sesuai dengan kebutuhan. Jujur memang tidak seluruh area tambang yang dipunyai, secara serentak dibuka bersamaan. Namun setiap blok (bagian kecil dari tahapan penambangan) yang telah selesai ditambang akan segera dilakukan reklamasi. Bahkan, Holcim telah menyediakan area penyangga (buffer zone) di area tambang terluar, sebagai green belt dan juga lahan konservasi.

Seperti apa bentuk reklamasi dan pencadangan serta prosedur anggaran yang dikeluarkan PT Holcim?
Bentuk reklamasi yang dilakukan perusahaan adalah reklamasi pada area blok penambangan yang telah selesai dimulai dengan penyiapan tanah atau lahan agar siap untuk ditanami kembali. Bila  dirasa perlu dilakukan perataan tanah, maka akan dilakukan perataan . Lahan akan dikondisikan siap ditanami antara lain dengan member tanah pucuk atau metode lainnya. Waktu untuk melakukan penanaman yang tepat adalah musim penghujan,  maka kegiatan ini dilakukan sekitar bulan September. Selanjutnya akan dilakukan pemeliharaan dan pemantauan tanaman secara berkala.

Inilah jumlah pohon yang telah ditanam sebanyak 64.915 pohon (data 2013) dengan total Lahan penambangan 2.610 Ha (data 2013). Termasuk total lahan tambang aktif (hingga 2013)  mencapai 566 Ha. Sementara lahan yang telah direklamasi pada tahun 2013 telah seluas 168 Ha.


Harapan PT Holcim kepada pemerintah daerah maupun pusat, Harapan kepada pemerintah adalah Holcim dan pemerintah dapat menjadi mitra yang selaras.  Holcim akan mentaati semua peraturan yang berlaku di setiap daerah / lokasi bisnisnya berada. Holcim juga berharap pemerintah dapat menciptakan peraturan yang mampu mendukung berkembangnya berbagai bisnis di Indonesia sekaligus tanpa mengesampingkan.

REFERENSI :

http://majalahpotretindonesia.com/index.php/wawancara/item/107-pt-holcim-indonesia-mitra-pemerintah-dan-peduli-lingkungan/107-pt-holcim-indonesia-mitra-pemerintah-dan-peduli-lingkungan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar