1.
Ekonomi
Mikro
ekonomi mikro
adalah suatu ilmu ekonomi yang melihat dan menganalisis kegiatan-kegiatan
ekonomi dengan menganalisis bagian-bagian yang kecil dari keseluruhan kegiatan
ekonomi, Atau definisi ekonomi mikro yang lain yaitu merupakan suatu cabang
ilmu ekonomi yang mempelajari mengenai perilaku konsumen dan perodusen serta
penentuan dari harga pasar maupun kuantitas faktor input, produk dan jasa yang
diperjualbelikan dalam pasar. Kegiatan ekonomi mikro umumnya mengacu kepada
ruang lingkup yang lebih kecil seperti misalnya: rumah tangga dan perusahaan.
Contoh yang mendasar seperti interaksi di pasar yaitu kegiatan jual-beli antara
penjual dan pembeli atau konsumen dan produsen. Pada dasarnya konsumen selalu
berusaha untuk memuaskan seluruh keperluan atau kebutuhannya dan penjual selalu
berusaha untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal. Baca juga mengenai:
Pengertian ekonomi makro dan permasalahannya yang dihadapi.
2.
Analisa
ekonomi mikro dibagi menjadi 3, diantaranya seperti di bawah ini:
1. Teori harga
Yaitu sebagai
dasar untuk menganalisa interaksi antara penawaran dan permintaan barang atau
jasa yang ada dalam pasar serta berbagai macam faktor yang dapat mempengaruhinya.
Yang dianalisa seperti:
·
Proses dari pembentukan harga yang dipengaruhi
oleh interaksi antar permintaan dan penawaran suatu produk atau jasa didalam
suatu pasar.
·
Lalu faktor-faktor yang dapat mempengaruhi
perubahan permintaan mapun perubahan penawaran.
·
Selanjutnya hubungan antara harga permintaan dan
penawaran.
·
Bentuk-bentuk pasar.
·
Dan konsep elastisitas permintaan dan penawaran.
2. Teori produksi
Yaitu sebagai
dasar untuk menganalisa biaya produksi dan tingkat dari produksi. Yang
dianalisa seperti:
·
Masalah mengenai biaya produksi barang atau
jasa.
·
Lalu tingkat produksi yang paling menguntungkan
bagi pihak produsen.
· Dan kombinasi dari faktor produksi yang harus
dipilih oleh produsen supaya tujuan mendapatkan laba yang mksimal bisa
tercapai.
3. Teori distribusi
Yaitu teori yang
menganalisa ekonomi mikro mengenai upah karyawan atau tenaga kerja, besarnya
bunga yang perlu dibayarkan kepada pemilik modal dan besarnya keuntungan yang
didapatkan oleh produsen.
3.
Aktivitas
unit-unit dari ekonomi yang dikaji dalam ekonomi mikro
Adapun
aktivitas unit-unit dari ekonomi yang dikaji dalam ekonomi mikro, diantaranya
seperti di bawah ini:
· Yang pertama, mempelajari mengenai bagaimana
perilaku seseorang sebagai konsumen atau pembeli, sebagai pemilik dari sumber
ekonomi dan sebagai produsen.
· Yang kedua, mempelajari bagaimana arus dari
perputaran barang ataupun jasa yang dimulai dari produsen sampai kepada
konsumen.
·
Yang ketiga, mempelajari mengenai bagaimana
harga-harga barang atau jasa dapat dibentuk.
· Yang keempat, mempelajari mengenai bagaimana
pihak produsen dalam menentukan tingkat produksinya supaya dapat tercapai
keuntungan yang maksimal.
· Dan yang kelima, mempelajari menganai bagaimana
konsumen mengalokasikan penghasilannya yang terbatas untuk mendapatkan produk
atau jasa yang dibutuhkannya sehingga bisa tercapai kepuasan yang maksimal.
4.
Komponen
yang terdapat pada ekonomi mikro
1. Interaksi di Pasar Barang
Hal pertama yang
dijelaskan dalam teori ekonomi mikro yaitu tentang aktivitas suatu pasar
barang. Dilihat dari segi pandangan ekonomi mikro, suatu perekonomian adalah
gabungan bari berbagai jenis pasar, termasuk pasar barang. Maka untuk mengenal
corak dari kegiatan suatu perekonomian, perlu untuk memperhatikan corak dari
suatu pasar barang.
Aktivitas tawar
menawar menganai harga barang yang dilakukan oleh penjual dan pembeli di pasar.
Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk membentuk harga yang sesuai dengan
kesepakatan dari kedua belah pihak. Pembentukan harga barang terjadi melalui
proses interaksi permintaan dan penawaran antar pihak penjual dan pembeli, dan
kesepakatan harga dapat menghasilkan keseimbangan. Dengan mendalami ekonomi
mikro dapat diketahui persoalan yang sedang terjadi dalam interaksi di dalam
pasar.
2. Tingkah Laku Penjual dan
Pembeli
Lalu hal yang
dijelaskan dalam teori ekonomi mikro yaitu mengenai tingkah laku konsumen dan
produsen atau pembeli dan penjual di dalam pasar. Kegiatan produsen dan
konsumen pada kegiatan ekonomi dilandasi oleh tujuan mereka masing-masing.
Dalam ekonomi mikro dibahas menganai upaya konsumen dalam mencukupi kebutuhan
dengan pendapatannya yang sangat terbatas, dan sementara itu prilaku produsen
dibahas tentang upaya bagaimana produsen dalam memperoleh keuntungan yang
maksimal. Anggapan yang dipakai dalam menganalisis prilaku konsumen dan
produsen dalam kegiatan erkonomi yaitu sebagaimana berikut ini:
·
Yang pertama, pihak produsen dan konsumen
melakukan kegiatan ekonomi secara rasional.
· Yang kedua, konsumen berusaha mendapatkan
kepuasan yang maksimal dengan dana yang sangat terbatas.
· Yang ketiga, produsen berusaha mendapatkan
keuntungan yang maksimal dengan pengorbanan tertentu.
3. Interaksi di Pasaran
Dan hal
terpenting lainnya yang dibahas dalam teori ekonomi mikro yaitu interaksi antra
konsumen dan produsen atau penjual dan pembeli di pasaran faktor-faktor
produksi. Pasar faktor produksi menyediakan faktor-faktor produksi yang
diperlukan oleh pihak produsen untuk dapat melakukan kegiatan produksinya.
Faktor produksi diantaranya seperti: SDA (sumber daya alam), SDM (Sumber daya
manusia), modal dan kewirausahaan. Faktor-faktor produksi tersebut disediakan
oleh rumah tangga konsumen, atas penyediaan dari faktor-faktor produksi rumah
tangga konsumen akan mendapatkan balasan jasa. Di pasar faktor produksi juga
akan terjadi tawar-menawar antar produsen dan konsumen dalam pembentukan harga.
REFERENSI :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar